ARTIKEL LISTRIK


Atikel 1.
E
NERGIZE YOUR INNER POWER ( BERDAYAKAN POTENSI PIKIRAN ANDA )
Bagian 1.
Energize dapat dimaknakan sebagai Energy ( W ), di dalam dunia Listrik dikenal bahwa Listrik adalah suatu Energy yang dapat dirubah menjadi energy lain seperti Energy Panas, Energy Gerak dan Energy Kimia. Energy Listrik adalah hasil kerja listrik dalam waktu tertentu (W= P x t).
Jadi kata Energize dapat dimaknai dengan berdayakan dalam waktu tertentu.
Inner Power dimaknai dengan Potensi Pikiran, walau banyak kalangan memaknai yang lain, namun pada artikel ini penulis memaknainya dengan Potensi Pikiran. Alasannya adalah karena Pikiran Manusia adalah anugrah Allah SWT. Yang merupakan Potensi terbesar buat Manusia agar dia dapat hidup normal bahkan hidup mulia baik terhadap sesama Manusia maupun terhadap Penciptanya.
Jadi ENERGIZE YOUR INNER POWER ( BERDAYAKAN POTENSI PIKIRAN ANDA ) dimaksudkan adalah bahwa agar kita mau dan mampu memberdayakan Pikiran kita agar kita dapat hidup sesuai dengan harapan Sang Pencipta kita yaitu Allah SWT. Pertanyaannya mengapa Pikiran? Mengapa bukan yang lain? Jawabnya sederhana saja, dari segi penciptaan perbedaan antara Manusia dengan Makhluk Allah yang lain hanya ada pada Akal, dengan akal inilah manusia dapat berpikir dan potensi Pikiran Manusia sangat luar biasa, karena secara empiris kualitas kehidupan seseorang tergantung sejauh mana dia memberdayakan Pikirannya, Pikiran lah yang menghantarkan seseorang menjadi Orang besar bahkan mulia dan Pikiran pulalah yang membuat Manusia sengsara bahkan terhina. Bila ditinjau dari Struktur, Pikiran Manusia sangat Unik, sehingga kalau kita mau menguraikan keunikannya tidak cukup halaman ini untuk menguraikannya, tetapi yang jelas, bahwa Pikiran itu terdiri dari 2 ( dua ) bagian, yaitu Pikiran Sadar ( Consious Mind ) dan Pikiran bawah Sadar ( Sub Consiuos Mind ). Kedua Pikiran ini memiliki cirri-ciri atau Karakteristik yang berbeda salah satu perbedaan yang menonjol adalah bahwa Pikiran Sadar seseorang hanya mampu mendominasi kehidupan seseorang senilai 12 % saja, sementara Pikiran Bawah Sadarnya mampu mendominasi Kehidupan seseorang mencapai 88 %. Dengan demikian sepanjang kehidupan kita, kita lebih banyak didominasi oleh Potensi Pikiran Bawah Sadar kita. Bisa kita bayangkan kalau selama ini yang kita isi/bekali hanya Potensi Pikiran Sadar saja, sementara kita tidak mampu secara sengaja memberdayakan Pikiran Bawah Sadar kita, bukan mustahil Isi kepala kita pada Pikiran Bawah Sadar kita Potensi-potensi yang bercampur aduk anatar yang positif ( memberdayakan ) dan Potensi Negatif ( yang tidak memberdayakan ).BERSAMBUNG...



ENERGIZE YOUR INNER POWER ( BERDAYAKAN POTENSI PIKIRAN ANDA )
Bagian 2.

Potensi-potensi Pikiran yang Positif dapat dijadikan Sumber-sumber untuk pemberdayaan diri seseorang sesuai dengan kebutuhannya, sedangkan potensi-potensi negative dapat dikurangi secara bertahap. Pertanyaan selanjutnya adalah darimana atau melalui apa potensi-potensi pikiran bisa masuk di Pikiran Bawah Sadar seseorang?. Sebagaimana diketahui bahwa Allah SWT. Telah menciptakan manusia dalam bentuk kejadian yg sempurna. Salah satu bentuk kesempurnaannya adalah diciptakanNya Alat-alat pengindra pada Manusia yang disebut dengan Panca Indra. Panca Indra terdiri dari : Mata yang diberi kemampuan untuk melihat ( Visual = V ); Telinga yang diberi kemampuan untuk Mendengar ( Auditory = A ); Kulit & Hati yang diberi kemampuan untuk meraba dan merasakan ( Kinestetic = K ); Hidung yang diberi kemampuan untuk mencium ( Olvaktory = O ); dan Lidah yang diberi kemampuan untuk mengecap ( Gustatory = G ).

SUBMODALITAS
Visual, Auditory, Kinestetik, Olvaktory dan Gustatory itu semua disebut juga dengan Representational system. Representational system ini belum begitu dalam, karena dari masing-masing modalitas masih ada detail dan pembedaan yang lebih tajam. Yang hal ini disebut dengan Submodalitas. Semua Potensi Pikiran yang telah terrekam dengan baik oleh Representational system didalam Pikiran Bawah Sadar seseorang, itulah yang dinamakan dengan Submodalitas seseorang. Submodalitas adalah Potensi-potensi Pikiran Bawah Sadar seseorang yang telah terrekam oleh Representational system dan dapat dielicit ( dihadirkan kembali/diakses ) bila orang tersebut menghendakinya atau secara otomatis hadir bila terjadi suasana yang sama atau mirip dengan suasana potensi-potensi tersebut terrekam. Submodalitas adalah cara seseorang mengodekan dan membentuk struktur dari pengalaman internal orang tersebut. Seperti hal lain kebanyakan terjadi di Pikiran Bawah Sadar seseorang. Setiap Potensi Pikiran yang dimiliki seseorang apakah memori atau Visi tentang masa depan, dibentuk dari nuansa gambar, suara, sensasi rasa, kecapan, dan aroma.
Sebagai ilustrasi suatu kejadian, dimana seseorang mengalami suatu peristiwa yang sangat berkesan dalam hidupnya, misalnya Peristiwa Pernikahan. Peristiwa tersebut pasti terrekam dengan baik di Pikiran Bawah Sadar yang telah di tangkap oleh Representational system, Inilah yang dikatakan Potensi Positif dalam kehidupan seseorang, karena bagaimanapun peristiwa tersebut menghadirkan kebahagiaan dalam hidup seseorang. Maka bila orang tersebut menginginkan Peristiwa itu hadir kembali untuk mendapatkan potensi positif yang namanya Kebahagiaan, dia tinggal menghadirkan kembali peristiwa itu dengan cara menghadirkan Sub Modalitasnya satu persatu. Bila ia ingin menghadirkan kebahagiaan itu persis seperti yang dia rasakan pada saat peristiwa itu terjadi, dia harus memperjelas/memperkuat Sub Modalitas yang dimilikinya. Misalnya Seperti apa gambarnya, warna warninya, bentuk fisiknya, panoramanya; begitu pula suara-suaranya; sensasi rasanya; aromanya dan kecapannya.
Bagaimana seseorang mengelola Submodalitasnya baik yang berupa Potensi Positif maupun yang Negatif, semua itu dapat di pelajari dengan Teknik-teknik yang diajarkan di NLP. ( Neuro Linguistic Programming ).


KURSUS KELISTRIKAN KAPAL ATAU MAINTENANCE LISTRIK

Kursus Kelistrikan Kapal :
Berdurasi 5 hari ( 40 Jam ) Pelajaran @ 45 Menit ). Membahas tentang 
1. Dasar-dasar Kelistrikan Arus Kuat
. Ini bermanfaat untuk membantu menganalisis Gangguan/Trouble yang terjadi di Kapal/Gedung/Pabrik, sehingga dengan itu, kita segera menemukan penyebab gangguan/Trouble tersebut dan sekaligus menentukan cara mengatasinya/Shootingnya.
2. Pengukuran Listrik. Ini membantu kita melakukan Pengukuran terhadap besaran-besaran yang kita butuhkan nilainya, seperti Nilai Tegangan, Nilai Arus dan Nilai Tahanan Isolasi Mesin-mesin Listrik (Generator,Trafo dan Motor Listrik). 3. Mesin Listrik. Ini sangat perlu difahami Fungsi dan cara memperlakukannya, agar kita memahami kemungkinan-kemungkinan Gangguan/Trouble yang terjadi pada Mesin Listrik tersebut sekaligus cara mengatasinya/Shootingnya.
4. Dasar Kontrol Motor Listrik. Ini adalah inti dari Kursus ini, oleh karenanya durasinya paling lama, dibagi dalam 2 ( dua ) sesi yaitu Sesi Teori Membaca Wiring Diagram dan Sesi kedua adalah Praktek Menginstalasikan Wiring Diagram Kontrol Motor Listrik dengan berbagai macam Rangkaian Kontrol. Dengan methoda ini diharapkan kita dapat menentukan gangguan/Traouble yang terjadi pada Kontrol Motor Listrik dan Sekaligus mengatasinya dengan cara menginstal ulang/mengganti komponen Kontrol yang bermasalah.
5. Electrical Safety. Ini dapat disajikan tersendiri berdurasi 1 ( satu ) hari, sebagaimana yang telah dilakukan bekerjasama dengan  PT. Pelangi Niaga Mitra Internasional. Materi ini berkaitan dengan Keselamatan Kerja dibidang kelistrikan, untuk mencegah terjadinya bahaya akibat Listrik baik terhadap sentuhan langsung maupun sentuhan tidak langsung, termasuk mencegah Kebakaran akibat Listrik.
Semua Materi tersebut diatas disajikan oleh Instruktur Senior yang sangat berpengalaman di Dunia Training, sehingga memungkinkan banyaknya Referensi yang di sampaikan dan berbagai macam Methoda yang di sajikan yang membuat Peserta merasa Enjoy/Senang/Santai dan lebih Fokus dalam menerima/mengikuti Training ini.

Kursus Kelistrikan Kapal/Maintenance Listrik dapat diikuti oleh Individu secara In Calass maupun Corporate secara Inhouse Training yang ingin meningkatkan Kualits Kompetensi Kelistrikan para Crewnya/Tenaga Maintenansnya sebagaimana yang sedang dijalankan oleh PT. Baruna Raya Logistics di Jakarta dan Balik Papan.

Sementara anda membaca terus artikel ini, apapun yang anda fikirkan saat ini anda segera mengambil keputusan untuk memanfaatkan Kursus ini Sekarang, dengan cara menghubungi kami di Contact me. Terima kasih


KEAJAIBAN ANGKA "3" DI LISTRIK

A.  PADA BASIC ELECTRICITY


Definisi : " Listrik adalah suatu Energy yang dapat dirubah menjadi Energy lain "

1. Ada 3 Energy yang dihasilkan Listrik yaitu :
     1). Energy Panas
     2). Energy Gerak/Mekanik
     3). Energy kimia

2. Agar Listrik dapat menghasilkan Energy, maka ada 3 Besaran Pokok di Listrik, yaitu :
     1). Tegangan  ( V )
     2). Kuat Arus ( I )
     3). Hambatan ( R )

3. Ketika Energy dihasilkan, pastinya ada Arus Listrik yang mengalir, dan ada 3 Siafat Arus yang ditimbulkan, yaitu :
     1). Panas
     2). Magnit
     3). Kimia

4. Agar Arus Listrik dapat mengalir, maka ada 3 syarat Arus mengalir, yaitu :
     1). Ada Tegangan
     2). Ada Beban yg baik
     3). Ada Rangkaian tertutup

5. Benda ditinjau dari Kelistrikan ada 3 Golongan, yaitu :
     1). Konduktor
     2). Semi Konduktor
     3). Isolator

6. Nilai Hambatan suatu benda dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu :
     1). Panjangnya ( L )
     2). Luas Penampangnya ( A )
     3). Hambatan Jenisnya ( Rho )

7. Hukum Ohm adalah hukum yang mengatur hubungan nilai antara 3 besaran pokok, untuk memahaminya, ada 3 segitiga ajaib :
    1). I = V/R  Amp.
    2). V = I x R  Volt
    3). R = V/I   Ohm

8. Nilai Daya listrik ditentukan oleh nilai Tegangan dan Arusnya, untuk memahaminya ada 3 segitiga Daya :
    1). P = V x I watt
    2). V = P/I  Volt
    3). I = P/V   Amp.

9. Hubungan-hubungan Hambatan Listrik ada 3 Macam, yaitu :
    1). Hubungan Serie
    2). Hubungan Paralel
    3). Hubungan Campuran

10. Ada 3 jenis beban pada sistim Listrik AC, yaitu :
    1). Beban Resistif  ( P = V x I watt )
    2). Beban Induktif ( P = V x I x Cos Q  watt/Leging ) )
    3). Beban Capasitif ( P = V x I x CosQ  watt/Leading )

11. Ada 3 Jenis Daya Pada Mesin Listrik :
    1). S  = v3 X V X I  VA                     ( DAYA SEMU )
    2). P  = V3 X V X I X COS Q  WATT  ( DAYA EFEKTIF/NYATA )
    3). Q  = V3 X V X I X SIN Q  VAR     ( DAYA BUTA/IMAGINER )


Seperti apa uraian dari masing-masing keajaiban angka 3 tersebut, ikuti uraiannya pada Hari pertama "KURSUS KELISTRIKAN KAPAL/ELECTRIC MAINTENANCE "
   
B. PADA MESIN LISTRIK

1. Mesin Listrik ada 3 Macam, yaitu :
     1). Generator
     2). Transformator
     3). Motor Listrik

2. Besar kecilnya Tegangan yang dihasilkan oleh Generator
    dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu :
    1). Banyaknya Kumparan
    2). Kecepatan Putaran
    3). Kuat Medan Magnit

3. Jumlah Putaran Medan Magnit pada Stator Motor, dipengaruhi oleh 3 faktor,
    yaitu :
    1). Freqwensi Listrik
    2). Jumlah pasang Kutup
    3). Rumus  Ns = 60 x f/p   (p = jlh pasang kutub )

4. Ada 3 Jenis Generator atau Motor DC., yaitu :
    1). Generator/Motor Serie
    2). Generator/Motor Shunt
    3). Generator/Motor Compound

5. Ada 3 methoda Memparalel Generator, yaitu :
     1). Methoda Hubungan Gelap
     2). Methoda Hubungan Terang
     3). Methoda hubungan Gelap terang

6. Ada 3 syarat memparalel Generator, yaitu :
      1). Tegangan kedua nya harus Sama
      2). Freqwensi keduanya harus Sama
      3). Tegangan dan Arus tiap-tiap Fase keduanya harus Synchron
 
7. Ada 3 Komponen Utama yang berpengaruh pada pembangkitan tegangan
    pada Brushless Generator, yaitu :
       1). AVR ( Automatic Voltage Regulator )
       2). Exciter Generator
       3). Rectifier 3 phase

8. Ada 3 Cara mengontrol Motor 3 phase, yaitu :
       1). Direct On Line ( D.O.L. )
       2). Forward and Reverse
       3). Star Delta Starter






Seperti apa Uraiannya?, Ikuti dihari ke 3 "KURSUS KELISTRIKAN KAPAL/MAINTENANCE"


MEMBACA WIRING DIAGRAM KONTROL MOTOR


         Cara Membaca Wiring Diagram Diatas :
        ( Wiring Diagram Kontrol Direct On Line )
1. Kenali lebih dahulu Symbol-symbol yg ada pada             Wiring diagram diatas.
    Nama, Fungsi dan Cara Kerjanya.
2. Pada Wiring Diagram diatas, Komponen Kontrol               Utamanya adalah Kontaktor.
    Kontaktor, memiliki Coil, Kontak NO. ( Main Contact       dan Auxiliary Contact )
    dan Kontak NC.,
    Coil akan bekerja ( menarik Kontak NO. dan NC bila       menerima Arus Listrik.
3. Komponen yang terpenting lainnya adalah Thermal         Over Load Relay  (TOR ),
    alat ini akan bekerja ( memutuskan Rangkaian                 Kontrol, bila dilalui Arus Listrik
    melebihi dari batas nilai yang ditentukan                         (setting).akibat terjadinya Over Load
    pada Motor Listrik.
4. Bila kita baca wiring diagram diatas adalah sbb. : Bila     Tombol Start ditekan,
    maka Arus akan mengalir ke Coil Kontaktor dan Coil       menjaadi magnit,
    ditandai dengan menyalanya Lampu Hijau
    sehingga menarik Kontak NO dan NC nya, yg NO           terhubung, yg NC terputus.
    Kontak Utama NO. terhubung ( 1,3,5 terhubung ke         2,4,6, arus 3 phase
    mengalir ke Motor 3 Phase (U,V,W), melalui Elemen         Thermis TOR. sehingga
    berputar.
5. Bila Tombol Start dilepas, Motor tetap berputar               karena telah terjadi Self
    Holding pada Rangkaian Kontrol.
6. Bila terjadi Over Load pada Motor, Elemen Thermis         bekerja dan memutuskan
    Kontak NC TOR ( 95-96 ) dan menghubungkan               kontak NO nya ( 97 - 98 ), 
    sehingga  Lampu Alaram Merah Menyala.
7. Untuk mematikan Motor, tekanTombol Stop.
8. Bila terjadi gangguan pada sistim Kontrol, tekan             Tombol Emergency Stop.

MACAM-MACAM RANGKAIAN KONTROL MOTOR YANG DIPELAJARI TEORI DAN PRAKTEK ADALAH :
1. Rangkaian D.O.L. dari 2 tempat
2. Rangkaian Inching
3. Rangkaian Forward and Reverse
4. Rangkaian Forward and Reverse dari 2 tempat
5. Rangkaian Star Delta Manual
6. Rangkaian Star Delta Otomatis

Bila Rangkaian-rangkaian diatas selesai dipraktekkan sebelum hari ke 6, akan diberi bonus Rangkaian-rangkaian :
1. Rangkaian Denyut Arus
2. Rangkaian kontrol Motor 2 kecepatan ( Dahlander )
3. Rangkaian Star Delta Forward and Reverse
4. Rangkaian Pelayanan Motor berurutan
5. Rangkaian Pelayanan Motor bergantian

Untuk dapat mebaca berbagai macam Wiring Diagram Kontrol Motor, Ikuti hari ke 4 Kursus Kelistrikan Kapal/Maintenance Listrik



ELECTRIC MAINTENANCE WITH NLP TRAINING

Agar Semua Materi Training Electric Maintenance dapat diserap dengan baik oleh peserta, kami menerapkan Cara penyajiannya dengan
menggunakan Teknik-teknik pengolahan pikiran bawah sadar, yaitu Teknik-teknik NLP ( Neuro Linguistic Programming ).

Pada awal Training, Peserta diminta utk. mengkondisikan dirinya : Rilaks; Santai; Nyaman dan Fokus, sebab pada Kondisi inilah Filter antara Pikiran Sadar dan Bawah sadar sedang terbuka dan siap menerima sugesti yang tidak lain adalah Materi Training yg di jelaskan oleh Instruktur.

Bila selama Training peserta mampu mengkondisikan dirinya seperti tersebut diatas, diharapkan semua Materi dapat diserap dengan baik, inilah yg dikatakan belajar efektif.

Pada saat mengikuti penjelasan-penjelasan Materi dari Instruktur, peserta diminta utk. membuat Anchor tulisan pada Modul yg telah diberikan sebelumnya, sama halnya ketika kita menuliskan peristiwa penting dalam hidup pada Diary kita, sehingga kapanpun Modul/Agenda  itu dibuka, peserta/kita akan mengingat peristiwa dimana Modul/Diary  itu ditulis.

Masih banyak lagi teknik-teknik NLP. yg kami terapkan dalam Training ini dan pada akhir Training, Peserta diminta untuk mereview seluruh Materi dengan melakukan Relaksasi yg dibimbing oleh Instruktur Praktisi NLP dan Hypnosis.
Bagaimana suasana Belajarnya, ikuti Training ini segera.

SERTIFIKAT UNTUK PESERTA YANG BARU SELESAI KURSUS


TRAINING ELECTRIC MAINTENANCE WITH NLP DI PT. BARUNA RAYA 
LOGISTICS
PRAKTEK PANEL KONTROL MOTOR

ALUMNI MSI TRAINING CONSULTANT 2015






KURSUS PLC. BERKUALITAS

Manfaat belajar/Kursus PLC berkualitas di MSI Training Consultant pastinya berbeda bila dibandingkan dengan Kursus PLC di tempat-tempat yg lain.

KUrsus PLC. berkualitas, mengutamakan pemahaman Instalasi I/O komponen ke PLC dan Instruksi-instruksi Logic yang terpakai pada pemrograman PLC.

Bila dua hal tersbut sudah dikuasi, maka untuk pengembangan lainnya akan terasa lebih mudah


Disamping biayanya sangat terjangkau, manfaatnya sangat besar terutama bagi rekan-rekan yang bekerja sebagai Engeneering atau Electrician di Kapal ataupun sebagai Electrician di Pabrik dan Gedung-gedung bertingkat.

Pemilihan Merk dagang PLC. untuk sarana praktek menjadi ciri khas tersendiri, seperti MSI. Training Consultant menggunakan merk dagang "OMRON'

bukan tanpa alasan, sederhana saja, User Manula PLC. Omron dapat dipakai sebagai Materi Kursus PLC. Omron yang disajikan secara sisematis dan sangat tepat sasaran, sehingga bila telah selesai mengikuti Kursus ini, Peserta sudah memiliki keyakinan diri untuk dapat menerapkannya dalam dunia kerjanya.

Inilah yang diharapkan oleh  Kursus PLC berkualitas yang kami selenggarakan.

Daftarkanlah diri anda Sekarang jangan sampai kehabisan Seat pada jadwal yang kami tawarkan. Hubungi kami segera di : 082260317057 ( Hasan Basri )
ĉ
hasan basri,
17 Jan 2014 18.53
Comments